SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Festival Agara

Agara gelar festival seni dan budaya berbagai etnis

Untuk menggali dan melestarikan kesenian dan budaya berbagai etnis yang ada di Aceh Tenggara (Agara), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar festival seni dan budaya.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agara, Mukhtar Ajis, tadi malam, mengatakan, festival dijadwalkan 21-24 November mendatang. Selain perlombaan tari-tarian Mesekat Alas, Bines Gayo, Landok Karo, Tor-tor Sombar Batak, Dampeng Singkil, Rantak Minang dan tari-tarian etnis lainnya yang di Agara, Disbudpar melalui sumber dana Otsus 2009 juga akan memperlombakan tari kreasi baru.

Untuk melestarikan tradisi suku Alas sebagai etnis asli dan etnis mayoritas di bumi sepakat segenep agar tidak hilang dan tetap dikenang serta diingat generasi penerus, Disbudpar akan menggelar lomba Canang Situ, Pelebat, Tangis Dilo, Nasyid, Lomba Melukis Rumah, ditambah lomba mewarnai rumah adapt Alas tingkat Taman Kanak-kanak.

Disamping kedua tari-tarian dan lomba tradisi suku Alas, katanya, panitia juga memperlombakan lagu Alas untuk pria dan wanita, lagu yang diperlombakan itu di antaranya, Bunge, Ameku Sayang, Bue Upahmu, Lumpe, Narkoba II, Habibah, Bulan dan Tite Emas.
“Untuk lagu wajib dan pilihan wanita, lagu yang diperlombakan, Puisi Cinte, Habis-habisen, Ate Bimbang, Nipimu, Ulang Hakhap, Kenangan SMU, Kado dan Puisi Cinte,” katanya. (waspada)

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 17.25 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

VISITOR