SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Menyaksikan Keindahan Alam Kutacane, Aceh Tenggara




Kutacane, Aceh Tenggara
Foto : Sari S
Aceh memang menyimpan banyak pesona alam yang luar biasa. Dalam beberapa artikel travel sebelumnya, telah dibahas mengenai pesona pantai Aceh yang memukau. Kali ini, akan dibahas mengenai pesona alam Kutacane, dimana kita dapat menyaksikan daerah pegunungan dan langit terlihat tanpa batas, dan hal tersebut sudah pasti merupakan pemandangan yang langka di kota-kota besar.
Mungkin Anda bertanya, mengapa dikatakan langit dan lautan tanpa batas? Hal tersebut memang merupakan suatu kenyataan karena di Kutacane, Anda dapat menyaksikan bagaimana awan dan gunung menjadi suatu kesatuan yang memperlihatkan harmoni alam yang menggambarkan betapa indahnya lukisan tangan Sang Pencipta.
Keindahan alam tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis. Karena itulah, momen tersebut tidak disia-siakan oleh penulis untuk mengambil gambar dari pemandangan yang menakjubkan ini. Bagaimanakah penulis tidak merasa kagum, dengan mata kepala sendiri dapat terlihat dengan jelas awan putih yang mengelilingi pegunungan bagaikan mahkota salju yang menghiasi dataran hijau yang membentang. Wow, luar biasa sekali, bukan?
Kutacane, Aceh Tenggara
Foto : Sari S
Belum puas dengan pemandangan yang memukau tersebut, kali ini penulis melanjutkan perjalanan ke daerah pedalaman di Aceh Tenggara. Di daerah tersebut, kali ini terlihat dengan jelas aliran air jernih yang sangat deras di antara pepohonan dan rerumputan hijau. Hmm, aliran air dan pepohonan di sekitarnya memang membuat sejenak kita melupakan kepenatan akan kota-kota besar, karena disana dapat kita dengar riakan suara airnya yang menggelitik di telinga dan indahnya pepohonan dan rerumputan hijau yang alami di daerah tersebut.
Jika Anda belum berkunjung sendiri ke Kutacane, mungkin Anda merasa bahwa apa yang diceritakan penulis merupakan hal yang merupakan pemandangan alam yang biasa. Tetapi, Anda akan terkagum-kagum jika Anda menyaksikan sendiri dengan mata kepala Anda. Menikmati petualangan di alam terbuka, mendengar gemerciknya riakan air dan menyaksikan indahnya gunung dan awan yang menyatu, akan membuat Anda merasakan petualangan yang tak terlupakan di dalam benak Anda.
Kutacane, Aceh Tenggara
Foto : Sari S
Masih banyak sebenarnya yang menarik di Kutacane, seperti jika Anda menyusuri jalan-jalan di Kutacane dengan menggunakan kendaraan bermotor, Anda akan melihat indahnya Kutacane yang dikelilingi oleh pegunungan yang membentang bagaikan berada di dasar mangkok yang terbentuk dari pemandangan alam raya. Benar-benar pemandangan yang indah! Jika Anda mau merasakan petualangan di tengah keindahan alam yang memukau, datanglah ke Kutacane. Pengalaman Anda ke Kutacane akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup Anda.

ads

Ditulis Oleh : Saydina Selian Hari: 17.28 Kategori:

31 komentar:

  1. aku org kutacane asli....tp tulisnya itu terlalu berlbhan buat saya...aku seorang yg hobby jalan2, jujur aja k.cane tdk ada nilai jualnya. hanya taman nasional gunung louser aja...soal pemandangan g ad cntiknya biasa aja...pernah prg ke bali, jabar, kepri, papua, bangka, atau yg paling dkt sumbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda jangan lah mendiskredikan Kocan.....aku bkn asli rang Kocan tapi aku bangga dgn Kocan....aku pernah ber tungkus lumus di Kocan hampi 10 thn. Kini aku berada di LN banyak yg kujumpai t4 yg indah pi aku tak bisa melupakan Kocan....Bravo Kocan ku

      Hapus
  2. menurut aku, kutacane tu indah banget. masih bayak hutan asri yaang sulit bgt qta jmpai d daerah laen. kwn aku dr taiwan suka banget ma daeraah kita coz masih asri bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Taiwan....trims atas suka nya kamu dgn Kutacane...info kan dgn Taiwan2 lainya agar berkunjung ke Kutacane......good luck

      Hapus
  3. to saydina :thanks fren..dah mengenalkan kutacane ke dunia maya..hehehh
    trus update info tentang agara ya....
    to 22 juni :tolong berfikiran positif, jangan merendahkan daerah sendiri, lagian sudut pandang orang itu berbeda. siapa bilang kutacane itu gak ada nilai jualnya? dari segi yang bagaimana anda bisa berkata seperti itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. i love kutacane coz,when brought my close friends to that place, they said that it really amazing the firstly i love it so much, it has good hill and it has still natural condition

      Hapus
    2. saya C7 dgn 22 oktober 2011.10.37 kita hrs bangga dgn kocan...kalau bukan kita yg bangga siapa lagi...klo nggak sekarang kita perkenalkan kapan lagi.Bravo Kocan..

      to 22 juni :tolong berfikiran positif, jangan merendahkan daerah sendiri, lagian sudut pandang orang itu berbeda. siapa bilang kutacane itu gak ada nilai jualnya? dari segi yang bagaimana anda bisa berkata seperti itu??

      Hapus
  4. bukan hanya pemandangannya saja yg terlihat indah tetapi jga air terjun yg sangat indah. bayangin aja ada 4 tingkat air terjun. tetapi saya hanya bisa sampai tingkat kedua.
    yup lokasinya tepat di daerah lawe dua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah....ada air terjun di Lawe dua ?? saya pernah tgl hampir 10 thn di Kocan pi lom pernah ke sana......Kocan memang amazinbg en menakjubkan....InsyaAllah umur panjang rezeki murah dan di beri kesehatan aku akan kunjungi Kocan ku....

      Hapus
  5. bkn hanya pemandanganya taw air terjunnya saja yg indah. jalan menuju kutacane jga mulus alias tidak ada hambatan. saya bangga bisa jadi warga kutacane pa lgi jdi warga desa mbak sako tepat-a deket bandara kutacane.
    desa yg mnurut saya desa yang paling indah yg pernah saya temui d'sluruh indonesia. ya walupun agak jauh dri kota.
    desanya tu loh yg buat saya terkagum-kagum.
    ketika pgi menyingsing dan saya membuka mata yang pertama kali saya lihat adalah paparan gunung yang sangat indah.lalu terdengar suara kicauan burung dan melihat bebek2 yg sedang berenang d'pagi hari.
    indah bgtttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. i don't think so,my village more nice then you are like tenembak bintang near wtih your village,i often came to your place guys hehehehehehe i am so sorry buddy i am really fun when read your sweet message, i like your message, we say together bravo for kutecane you and me

      Hapus
  6. Menurut q kota Cane tuh indah bgt, daerahnya di kelilingi pegunungan yang begitu asri, air yang sangat sejuk...budaya adat istiadat masih sangat kental,,,kalo aq udah ke kocane aq males pulang ke tempat tinggal q mencari nafkah..

    Kota Cane is the best,,,,,,

    BalasHapus
  7. kutacane memang indah, namun sekarang penghuninya yang kurang indah prilakunya alias KORUPTOR

    BalasHapus
    Balasan
    1. if we want our place get progress to future, please don't appear and say korupter

      Hapus
  8. kadang kotacane itu membosankan

    BalasHapus
  9. kutacane ku, begitu indah dan lestari, mari kita mebangun ktacane menjadi kota yg sukses segala bidang, hilangkan koruptor, maju trus putra daerah..

    BalasHapus
  10. Aq ne anak madura eank pernah merantau k kocan tepat'a di desa remma. laupun aq ne bukan orang kocan, phy Q akui law kocan thu mank memiliki pemandangan yg indah, baek dari gunung"a, air'a eank terlihat jernih pokok'a indah dech. jd kepengen ge datang k kocan
    q teringat betul ktika aq mch d kocan, ketika sang mentari telah menyapa dengan disertai asap" eank putih di sekeliling gunung membuat hati ne damai & tentram melihat'a. apalagi diiringi dengan angin sepoy" serta kicauan burung" pipit eank selalu menemaniq dikala pagi telah tiba.Sungguh aq terhibur dengan thu semua. thank's ea kocan q merasa senang pernah tinggal d kocan lawpun hanya 8 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo nak madura....saya rang padang yg pernah tgl di kocan hampir 7 thn. aku tgl di kampung tarandam dekat mesjid marhamah. Saya setuju klo kocan adalah desa yg sangat indah. Kocan yang di apit dua lawe (sungai) yaitu lawe bulan dan lawe alas. Sungai inilah yg mengajar saya pintar berenang. SD/SMP/SMA saya di Bambel yg dikenal sebagai komplek Babussalam (pintu keselamatan). Sungguh saya sangat rindu tuk kembali ke Kocan bab banyak suka dan duka ketika saya bersekolah di sana Ingin hati bisa bertandang ke Kocan pi keadaan belum memungkinkan (mungkin di suatu ketika nanti) So saya sangat sedih klo ada yg bilang Kocan itu nggak ada apa2nya....dan nggak ada nilai jual nya.BRAVO Kutacane...

      Hapus
  11. Salam kenal dan salam persahabatan. Numpang lewat ya gan. Apa kabarnya Aceh Tenggara? Makasih kutacane pemandangannya bagus, bisa sebagai alternatif wisatawan untuk berlibur. Semoga Kutacane semakin maju dan sukses. Saya tunggu kunjungan baliknya di: OBYEKTIF.COM trims atensinya.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus
  12. hasrulmuttasir@ymail.com5 Agustus 2012 21.45

    kutecane mang negekhi metuah pemandangen ne sungguh menakjubken,tedohne balik be cane,,,

    Salam tedoh okhang alas q,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. the great regrad for you guy iam saleh your long friend, yeahhhh iam really miss back to our home town, we have to keep it be well

      Hapus
  13. Mantap...Kutacane memang indah, saya orang asli ALAS juga, jadi tau giman kutacane tu.bagi yang berfikiran negatif buang jauh-jauhlah kawan..hehehehh
    jangan lupa kunjungan balik ya admin, http://julfahmi25.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sd qu di kamp.tarandam, smep di pulo nas,smea di bambel.thn 1970 kocan qu tinggalkan en sejak itu qu nggak pernah lagi mandi di kali alas atau kali bulan. Berita kocan hanya aku dapatkan dr google aja. lou dikit info nya pi cukup melepas rindu. eh atu lagi Samsulbahri nyang wakil bupati priode yang lalu aku juga taunya dr google lo.Beliau adalah teman seangkatan aku.
      Bravo tuk kocan yang sangat ku cintai.

      Hapus
  14. Wah sungguh merupakan kenangan yang tak terlupakan. kutacane memang indah sungguh menakjubkan. doakan kawan semuga aku bisa k kutacane lagi...tuk jemput istri hehee

    BalasHapus
  15. saya pengen banget tinggal di kota cane, sepertinya kota yang adem sejuk dan gak crowded, tau gak harga tanah di sana berapa /m2 ?

    BalasHapus
  16. Kalau mau jalan-jalan ke Sungai yang deras airnya itu dimana ya ? Soalnya kami baru hari ini dan pertama sekali datang ke Kutacane ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nazar...sungai yg deras airnya yaitu di Kali Alas...bisa juga ntuk Arung Jeram lo..selamat ber libur....

      Hapus
  17. aku asli rank kocan Meskipun itu bkan tanah Asli suku ku tapi aku cinta bnget sama namanya acehh tenggara Jadi kita hrus bangga dngan kocan apalagi dengan g lauser nya uhhh indah bngetttttt jdi pngen balik lage deh ke kocan

    BalasHapus
  18. Aku asli kocan. Memang benar kutacane itu indah...kalau kita mau masuk ke pedalaman hutannya. Pariwisata kutacane sangat tidak bs diharapkan. Bayangkan Ketambe yg menjadi satu-satunya gerbang patiwisata andalan tidak bisa diuus dengan baik. Situasi ketambe saat ini saja memprihatinkan. Sampan utk menyeberang ke TNGL sekarang sdh tidak ada, banyak penginapan yg gulung tikar. Hanya bule2 dwngan tujuan khusus spt penelitian saja yg mau caprk2 dan jauh2 datang ke kutacane. Masyarakat kocan sdri kalau berwisata hanya ke 'pantai' yg sebenarnya hanyalah sungai spt pantai barat, pantai goyang, dll. Sedangkan ke ketambe, selain jauh, juga mahal dan tidak cocok utk wisata domestik. Sungguh sangat memprihatinkan.

    BalasHapus
  19. Mantan Danramil Babusalam 989 April 2014 22.41

    Aq sangat bangga dengan kutacane. Banyak hasil bumi yg belum dikelola maximal, keindahan alamnya sangat mempesona, warganya sangat ramah dan terbuka meskipun sy dl pendatang, meskipun sy cuma dinas di tanah alas ini tp sampai saat ini aq rasanya gak bisa melupakannya. Terlalu sayang tuk dilupakan.
    Mohon kepada pejabat Pemda agar dapatnya mempercepat pembangunan di segala sektor khususnya pariwisata krn sangat banyak yg bs dijadikan obyek wisata yg produktif, misalnya lawe gerger...arung jeram kali alas...dll.

    BalasHapus

 

VISITOR