SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Ratusan Rumah di Kutambaro Terendam Banjir

Tanggul Jebol, Belasan Ton Ikan Mas Lepas
Ratusan rumah di Desa Kutambaro, dan Desa Kutambaro Bencawan, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), sejak Rabu (1/6) sekitar pukul 22.00 WIB malam hingga Kamis (2/6) siang, terendam banjir setinggi 50 centimeter akibat tanggul  jebol sepanjang 20 meter.

Sementara belasan ton ikan mas yang dipelihara penduduk di puluhan hektare kolam berhamburan lepas ke jalan dan pemukiman penduduk. Areal persawahan juga terendam dan arus transportasi di daerah itu terganggu.

Acip, seorang warga Desa Kutambaro Bencawan, kepada Serambi, Kamis (2/6) mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat tanggul jebol sepanjang 20 meter.  Ia mengatakan, jebolnya tanggul sudah sering terjadi di musim hujan karena tidak dipasang beronjong di pinggir sungai Kisam.

Sementara itu, Camat Lawe Bulan, Samanuddin, mengatakan, tanggul yang jebol itu merupakan tanggul lama. Bencana ini terjadi akibat tidak mampu menampung debit air yang besar akibat hujan sehingga air menjadi besar. Sementara sungai di desa itu menyempit sehingga tak mampu menampung debit air. “Jadi, perlu secepatnya dilebarkan dan dibangun bronjong agar aman dari bencana banjir,” kata Camat Lawe Bulan.

Pantauan Serambi, ratusan masyarakat berjejer di tepi parit untuk memancing ikan mas. Di sana, mereka banyak mendapatkan ikan mas yang hanyut akibat terseret arus sungai banjir.
sumber : http://aceh.tribunnews.com/news/view/57703/ratusan-rumah-di-kutambaro-terendam-banjir

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 21.34 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

VISITOR