SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Disbudpar Latih Sanggar Kesenian

KUTACANE - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bekerjasama dengan Disbudpar Aceh Tenggara (Agara) melatih dan membina 12 sanggar kesenian dan sejumlah sekolah di gedung Kesenian Kutacane. Acara yang bertajuk “Tumbuhnya Kemandirian Para Pelaku Tradisional di Aceh” dibuka Bupati Agara, Ir H Hasanuddin B MM, Kamis (11/10).

Kegiatan itu direncanakan berlangsung sampai 28 Oktober 2012 atau selama 17 hari. Dalam sambutanya, Bupati Agara mengatakan generasi muda perlu dibina dalam bidang olahraga dan seni. “Jangan dianggap seni hanya sekedar menari, tapi juga memperhalus sikap dan budi pekerti,” ujarnya. 

Dia juga menyinggung kembali tentang komitmen kerja 100 harinya, salah satunya memberantas narkoba di Bumi Sepakat Segenap ini bersama wakilnya, Ali Basrah dibantu Muspida plus lainnya.  Dia menghimbau kepada semua masyarkat agar menjauhi segala bentuk narkoba karena bisa merusak sendi-sendi kehidupan, khususnya generasi muda.

Sementara itu, Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Drs Azhar Munthasir MSi dalam pidatonya mengatakan salah satu bentuk kepedulian pihaknya terhadap seni, salah satyunya melakukan pelatihan. “Betapa pentingnya regenerasi dalam menurunkan cita dan citra kebudayaan masa lalu yang begitu luhur,” katanya.

Dia berharap, akan lahir generasi baru yang profesional dalam bidang seni, sehingga bisa menjadi pahlawan budaya dan seni Aceh. Tetapi, juga diharapkan, mampu mengembangkan seni budaya, sehingga bisa berdikari.

ads

Ditulis Oleh : Saydina Selian Hari: 12.40 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

VISITOR