SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Dahlan Janjikan Rp 3 T untuk Aceh

Bangun Pembangkit Listrik Panas Bumi Seulawah Agam

BANDA ACEH - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, berjanji mengusahakan pembangunan proyek Geothermal atau pembangkit listrik panas bumi di kawasan pegunungan Seulawah Agam, Kabupaten Aceh Besar, senilai Rp 3 triliun.

“Membangun geothermal Seulawah membutuhkan dana 3 triliun rupiah. Ini yang akan kita usahakan,” kata Dahlan saat membuka acara Musyawarah Perhimpunan Mahasiswa Teknik se-Indonesia, di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Minggu (18/11) kemarin.

Menurut Dahlan Iskan, proyek ini mampu menghasilkan listrik mencapai 300 Megawatt (MW). Bahkan akan menjadi penghasil tenaga listrik geothermal terbesar yang ada di Indonesia.

Namun, Dahlan mengatakan ada beberapa hambatan dalam rencana pembangunan listrik panas bumi tersebut. Antara lain, kata Dahlan, biaya pengeboran yang relatif besar, yaitu Rp 37 miliar untuk sekali bor. Nilai ini diyakini tidak sanggup dipenuhi oleh pengusaha lokal maupun nasional.

Untuk masalah pengeboran, lanjut mantan Direktur Utama PT PLN itu, saat ini ada perusahaan dari Jerman yang rela menghibahkan dana sebesar Rp 37 miliar. Namun tidak lepas dari perjanjian.

“Kalau ternyata pas sudah dibor kosong, uang tersebut hilang. Tapi kalau pas dibor ada hasil, mungkin ada kebijakan lainnya dan ini sepenuhnya wewenang dari Pemerintah Aceh,” papar Dahlan.

Dalam kesempatan itu, Dahlan menyebutkan pentingnya kemandirian Indonesia dalam menangani sumber daya alam. Sehingga ketergantungan Indonesia pada negara-negara asing bisa segera diatasi. Ia juga mengajak mahasiswa Indonesia mampu melahirkan inovasi dalam membangun teknologi dalam negeri.

“Saya yakin Indonesia bisa menjadi negara maju yang menggunakan teknologinya sendiri. Sebab, Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang mampu melahirkan dan mengembangkan teknologinya sendiri,” kata Dahlan Iskan.

Kedatangan Dahlan di Kota Banda Aceh menjadi undangan khusus Pemerintah Aceh melalui Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh untuk membuka pertemuan dua tahunan mahasiswa teknik se- Indonesia, di mana Provinsi Aceh tahun ini menjadi tuan rumah.

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pukulan gedang dan lantunan selawat oleh Dahlan Iskan. Acara Pertemuan Mahasiswa Teknik se-Indonesia akan berlangsung mulai 18 hingga 28 November 2012 dan di ikuti oleh 72 universitas di Indonesia. (dtc/ant/*)

Sekilas Geothermal Seulawah Agam

PROYEK pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi Seulawah Agam, Kabupaten Aceh Besar, diawali oleh bantuan hibah Pemerintah Jerman tiga tahun lalu senilai 7 juta euro atau sekitar Rp 80 miliar. Pada pertengahan 2012, ada empat perusahaan yang dinyatakan layak untuk ikut tender proyek tersebut. Yaitu, Pertamina, Origin/PLN, Ormat/Toba Sejahtera, dan Chevron.

Energi panas bumi di bawah permukaan gunung Seulawah Agam diperkirakan memiliki potensi listrik mencapai 250 MW. Dalam tahap awal, pembangkit yang dibangun ini akan menghasilkan listrik sebesar 40-55 MW dan diharapkan dapat menanggulangi kekurangan listrik yang terjadi di Aceh. Wilayah lain di Aceh yang mempunyai potensi energi panas bumi adalah Sabang (Gunung Api Jaboi), Pidie (Gunung peut Sagoe) dan Bener Meriah (Burni Telong).

sumber : http://aceh.tribunnews.com/2012/11/19/dahlan-janjikan-rp-3-t-untuk-aceh

ads

Ditulis Oleh : Saydina Selian Hari: 19.39 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

VISITOR