SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Tas Made In Ulee Madon

TAS bermotif Pinto Aceh (Pintu Aceh) sudah menjadi salah satu ikon souvenir dari Aceh. Tas ini diproduksi disejumlah daerah di Aceh. Seperti yang dilakukan pasangan Nurbaiti dan Saifuddin di Sentra Tas Motif Aceh di Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara.

Usaha yang dibangun sejak 1995 itu sudah menebar pesona dan menarik banyak importir di Jakarta untuk memasarkan produk tersebut ke luar negeri seperti Malaysia, Amerika Serikat, dan Kanada. Awalnya, usaha itu hanya membuat beberapa bentuk tas wanita termasuk dompet dengan harga sangat murah. Tapi, seiring waktu, usaha itu terus berkembang. Hasilnya, kini beberapa butik dan toko souvenir di Aceh mulai memasarkan tas dari Ulee Madon itu.

Dengan produksi 1.000 unit per bulan, usaha ini menampun 60 pekerja yang punya keahlian di bidangnya. Bahkan, kini usaha itu telah mencoba memproduksi tas jenis baru seperti ransel, tas gendong, dan koper traveling.

ads

Ditulis Oleh : Saydina Selian Hari: 05.39 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

VISITOR