SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Jejak Langkah Alas

FKMLA Mempersembahkan sebuah Film Dokumenter yang mencoba menggali Jejak Langkah Alas yang ditinjau dari perspektif Sejarah kedatangannya sebagai suku pertama di sumatera, penyebarannya, sistem kerajaannya, perjuanganya melawan penjajahan yang melahirkan panglima panglima perang yang tangguh, dan juga dalam lingkup adat istiadat dan budaya yang selalu mengiringi langkah suku Alas serta agama yang membawa paradigma baru dalam kehidupan bangsa Alas setelah masuknya Islam hingga saat ini.
Film ini mengangkat Sejarah dan peninggalan budaya yang tak ternilai harga nya, sehingga dapat di kenal publik lebih luas. Kita tahu saat ini sejarah dan nilai – nilai budaya kita hampir saja punah di makan lapuk nya sang Zaman, maka dari itu melewati media penyampaian secara visual dan interaktif ini masyarakat luas dapat membuka mata nya mengenai keberadaan dan penting nya mempertahankan sebuah warisan budaya serta sejarah para leluhur.
Tugas ini hendak nya kita lakukan secara bersama – sama antara kita untuk saling bekerja sama mendukung melestarikan ataupun mengangkat sejarah dan nilai – nilai budaya yang hampir punah ini. Di katakan hampir punah karena memang kenyataan nya demikian, kita tahu selama ini hanya mendengarkan cerita orang tua dari mulut ke mulut, itu pun tidak semua orang tua tahu mengenai cerita serta kebenaran nya. Bisa di bayangkan bagaimana genertasi berikut nya?, ketika lahir dan di tanya tentang sejarah budaya lokal kita apakah mereka akan tahu jika hal ini di biarkan terus menerus?. Tentu jawab nya mereka tidak akan pernah tahu. Nah inilah yang kita perjuangkan kepada Publik agar mereka sadar dan mencintai budaya bangsa nya sendiri.

ads

Ditulis Oleh : Saydina Selian Hari: 08.37 Kategori:

1 komentar:

  1. yuh,,gambar ise kin di gagah ne,,,
    jadi kele ise kin pagi di ndiye,,,
    heheheh...

    BalasHapus

 

VISITOR