SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Lintas Blangkejeren-Kutacane Longsor

BLANGKEJEREN - Jalur transportasi yang menghubungkan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues (Galus) dengan Kutacane, Aceh Tenggara (Agara), tertimbun longsor, Rabu (15/2) sekira pukul 22.00 WIB. Akibatnya, arus kendaraan roda empat maupun roda dua, lumpuh total sejak pukul 22.00 hingga 04.00 WIB di Desa Kungke, Kecamatan Putri Betung, Galus.

Arus transportasi baru kembali lancar setelah sejumlah pemuda setempat secara swadaya pada tengah malam membersihkan dan mengangkat material longsor dari badan badan jalan tersebut.

Kendati arus transportasi mulai lancar menjelang subuh, tapi hingga pukul 10.00 WIB Kamis kemarin, sejumlah pemuda masih berada di lokasi kejadian. Mereka masih membersihkan sejumlah batang kayu dan bebatuan besar yang merintangi ruas jalan tersebut.

Ironisnya, seorang warga Desa Kungke setempat, Adi (25), tertimpa material longsor saat ia berusaha bersama pemuda setempat untuk mengangkat batu besar dari badan jalan. Salah satu kaki Adi terluka karena tertimpa batu besar yang merupakan material longsor. Adi terpaksa dibopong sejumlah pemuda lainnya untuk bisa pulang ke rumahnya.

Amatan Serambi, longsor yang sempat menutupi ruas jalan tersebut lokasinya tidak jauh dari permukinan warga Desa Kungke. Hanya sekitar 500 meter jaraknya. Sebagai upaya penanganan, sekitar pukul 10.00 WIB, sebuah alat berat milik Projabal dikerahkan ke lokasi longsor untuk membersihkan material yang luruh ke badan ruas jalan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi, sebelum longsor terjadi, hujan deras sempat mengguyur Kecamatan Putri Betung, sehingga terjadi longsor. Beberapa titik badan jalan Blangkejeren-Kutacane dilaporkan juga amblas.

Pemuda setempat terpaksa bergotong royong malam itu juga, karena puluhan kendaraan hendak melintas dari arah Blangkejeren-Kutacane dan Medan, begitu juga sebaliknya, setelah terjadi longsor. “Arus transportasi dari kedua arah sempat lumpuh total sekitar 7 jam,” kata Ali, seorang pemuda setempat.

sumber  :
http://aceh.tribunnews.com/2012/02/17/lintas-blangkejeren-kutacane-longsor

ads

Ditulis Oleh : Saydina Selian Hari: 11.18 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

VISITOR