SELAMAT DATANG DI PORTAL AGARA ONLINE BUMI SEPAKAT SEGENAP. Ulang lupeken Pepatah Kalak Ndube, “ SEPAKAT SEGENEP KITE KEKHINE”, “LEPAS NI HAMBAT TADING NI ULIHI”

Bronjong Bambel Ambruk

Ratusan Hektare Tanaman Terendam

KUTACANE - Bronjong penahan luapan air sungai sepanjang 100 meter yang dibangun 2010 di Desa Tualang Sembilar, Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara, ambruk. Tak pelak, seratusan hektare tanaman warga terendam banjir dan enam desa terancam abrasi sungai Kali Alas.

Ketua Komisi C DPRK Agara, M Yunir, Senin (15/10) meninjau lokasi ambruknya bronjong yang mengancam enam desa yakni Kute Lengat Pagan, Kute Lengat Selian, Desa Mbaksako, Tualang Baru, Bambel Baru, dan Alur Buluh. Dia berharap, bronjong yang jebol itu harus secepatnya dibangun kembali secara tanggap darurat karena saat ini sudah memasuki musim hujan.

Dia menilai, kalau tidak secepatnya dibangun, maka enam desa terancam banjir bandang dan warga juga terancam gagal panen. “Saya minta bronjong dan tanggul itu secepatnya ditangani secara darurat, jangan nanti perkampungan penduduk dan lahan disapu banjir sungai Alas, baru diperbaiki. Apalagi saat ini sungai Alas sedang meluap.” tukas M Yunir.

Sementara itu, warga Desa Kute Lengat Selian, Kasri Selian, yang juga Sekretaris LSM Gakag Agara, kepada Serambi, mengatakan, masyarakat sangat berharap bronjong yang jebol sekitar 100 meter lebih itu agar secepatnya diperbaiki. Dia mengkhawatirkan lahan pertanian masyarakat yang terendam banjir semakin meluas.

Dia menyebutkan, lahan masyarakat yang terendam banjir yakni tanaman jagung, kakao, pisang, dan jenis komoditi andalan lainnya. “Gubernur Aceh melalui dinas terkait harus segera membangun kembali bronjong darurat, apalagi saat ini musim penghujan dan rawan banjir,” ujar Kasri Selian.

sumber : http://aceh.tribunnews.com/2012/10/16/bronjong-bambel-ambruk

ads

Ditulis Oleh : Saydina Selian Hari: 14.58 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

VISITOR